Selasa, 13 Agustus 2013

MONEY POLITIC " Siapa salah Siapa " sebuah Realita dan harapan Masyarakat..

Money Politic atau istilah Politik Uang, adalah suatu cara yg dilakukan oleh calon/kandidat pemimpin, kelompok, partai politik untuk memenangkan pemilihan dg cara membeli suara rakyat dg menggunakan kekuasaan serta pengaruh yg ada.
Didalam kehidupan masyarakat kita sebenarnya tidak mengenal istilah money politic/ politik uang.. masyarakat tahu money politic karena adanya ajakan/provokasi dr seseorang politikus dan calon/kandidat pemimpin yg memberikan uang kepada masyarakat dg harapan masyarakat harus mendukung dan memberikan suaranya pd calon/kandidat tersbut.. ini jelas perbuatan yg kurang terpuji dan tidak mendidik bagi masyarakat yg dilakukan oleh sekelompok orang/partai politik ataupun calon/kandidat pemimpin, karena tidak menghormat kebebasan berpendapat dan menentuka pilihan yg sesuai dg kepercayaan serta hati nurani mereka.. disatu sisi calon/kandidat pemimpin juga tidak bisa dipersalahkan, mungkin karena faktor ekonomi dan desakan tuntutan kehidupan masyarakat membutuhkan dan menerimanya begitu saja tanpa berpikir akan sebab akibatnya dimasa mendatang.

Seyogyanya dalam suatu pemilihan pemimpin, kekuasaan adalah ditangan rakyat dan rakyat haruslah lebih bijaksana dalam melihat dan mengenal sosok pemimpin dan visi-misi dari pemimpin tersebut serta menggunakan/menyalurkan aspira mereka sesuai dg keinginan dan hati nurani, bukan karena paksaan dan pengaruh dari seseorang/kelompok ataupun dari partai politik.. karena apabila Money politic/ politik uang menjadi satu-satunya jalan terbaik dan pilihan masyarakat, jelas hal ini memberikan peluang bagi calon/kandidat untuk berbuat semena-mena, tidak memperdulikan masyarakat dan melakukan korupsi disaat calon/kandidat menjadi penguasa.. karena calon/kandidat berpikiran semata-mata bagaimana agar dana/ uang yg telah dikeluarkan pd saat pemilihan bisa kembali, dg segala macam cara dilakukan tanpa memperdulikan nasib dan penderitaan rakyat.. dan rakyatlah yg akan menjadi korban.

Money Politic atau Politik uang, masih bisa kita hindari bila Masyarakat berpikiran cerdas, kritis dan tidak mau diprovokasi dg diberikan uang ataupun janji-janji yg tidak masuk akal/muluk-muluk dr calon/kandidat pemimpin.. dan seorang calon/kandidat Pemimpin yg baik mestinya tidak menggunakan cara tersebut, memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat serta memotivasi masyarakat agar menyalurkan aspirasi serta menggunakan hak suara mereka secara bijaksana.. agar proses pemilihan berjalan dg " fair play " benar sesuai dg aturan dan ketentuan yg berlaku, sehingga nantinya hasil dr pemilihan tersebut benar-benar merupakan wujud pelaksanaan Demokrasi yg bersih dan sehat, merupakan murni aspirasi masyarakat dan bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat dg segala konsekuensinya demi kebaikan bersama.

0 komentar:

Posting Komentar